Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Revisi Terbaru 2022

 

Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Salam dan Bahagia

Ibu dan Bapak sahabat Berani Belajar, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka unutk SD/MI revisi tahun 2022 yang sudah sesuai dengan capaian pembelajaran terbaru/CP terbaru (bilangan cacah sampai 10.000)

CP terbaru/ revisi pada elemen bilangan "Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca,menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor."  

Buku yang sudah lama ditunggu-tunggu baik oleh guru dan siswa terutama yang sedang mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Buku yang admin share di sini baru buku matematika, mudah-mudahan dalam waktu dekat buku yang lain segera terbit, amin.

Pusat Perbukuan; Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki tugas dan fungsi mengembangkan buku pendidikan pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Buku yang dikembangkan saat ini mengacu pada Kurikulum Merdeka, di mana kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan/program pendidikan dalam mengembangkan potensi dan karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik. Pemerintah dalam hal ini Pusat Perbukuan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah dengan mengembangkan Buku Teks Utama. 

Buku teks utama merupakan salah satu sumber belajar utama untuk digunakan pada satuan pendidikan. Adapun acuan penyusunan buku teks utama adalah Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tanggal 10 Februari 2022, serta Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka yang ditetapkan melalui Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/H/KR/2022 Tanggal 15 Februari 2022. Sajian buku dirancang dalam bentuk berbagai aktivitas pembelajaran untuk mencapai kompetensi dalam Capaian Pembelajaran tersebut. Buku ini digunakan pada satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka.

Buku yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Pusat Perbukuan dengan judul buku Matematika SD/MI Kelas IV terdiri dari 6 bab dan 224 halaman. Buku ini dikarang oleh Hobri dan kawan kawan.

Berikut materi dalam buku matematika revisi tahun 2022: 

1. Bilangan Cacah sampai 10.000

A. Membaca dan Menulis Bilangan Cacah sampai 10.000

B. Menentukan dan Menggunakan Nilai Tempat Bilangan Cacah sampai 10.000 

C. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah  sampai 10.000 

D. Komposisi dan Dekomposisi Bilangan Cacah  sampai 10.000 

E. Penjumlahan Bilangan Cacah sampai 1.000 

F. Pengurangan Bilangan Cacah sampai 1.000 

G. Perkalian Bilangan Cacah Sampai 100 

H. Pembagian Bilangan Cacah Sampai 100 

I. Faktor dan Kelipatan

2. Pecahan 

A. Pecahan dengan Pembilang Satu 

B. Pecahan dengan Penyebut Sama 

C. Pecahan Senilai 

D. Pecahan Desimal Persepuluhan dan Perseratusan 

E. Menghubungkan Pecahan Desimal Perseratusan dengan Konsep Persen

3. Pola Gambar dan Pola Bilangan 

A. Pola Gambar 

B. Pola Bilangan 

4. Pengukuran Luas dan Volume 

A. Pengukuran Luas 

B. Pengukuran Volume

5. Bangun Datar 

A. Ciri-Ciri Bangun Datar 

B. Komposisi dan Dekomposisi Bangun Datar

6. Piktogram dan Diagram Batang 

A. Piktogram 

B. Diagram Batang


Berikut buku siswa matematika kelas 4 kurikulum merdeka :


Sahabat Beanibelajar silakan tinggalkan komentar untuk mendownload buku matematika kelas 4 kurikulum merdeka revisi 2022.
Link download buku matematika siswa : DOWNLOAD

Panduan Download File : Buka

Apabila ada pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar.

Silakan klik tautan ikuti agar tidak ketinggalan info dari beranibelajar.my.id dan subscribe channel berani belajar . Saya doakan  pembaca yang budiman selalu diberikan kesehatan dan dapat mewujudkan semua impian.


Mudah-mudahan buku yang admin share di sini dapat membawa manfaat bagi kita semua, amin.

10 komentar untuk "Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Revisi Terbaru 2022"

  1. Terimakasih sudah berbagi, mohon izin downloud

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, jangan lupa klik tombol ikuti blog ini dan dukung channel berani belajar
      Terima kasih

      Hapus
  2. terima kasih sudah mau berbagi pada kami,,, mohon ijin untuk downlod nggih ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung, silakan download dan share sebanyak-banyaknya

      Hapus
  3. Mohon izin komen. buku matematika ini untuk satu semester apa satu tahun?

    BalasHapus