Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topik 2 Modul 1 Kurikulum Materi 2 Kurikulum dalam Pembelajaran

Kurikulum dalam Pembelajaran 



Salam dan bahagia ibu bapak guru
Selamat datang kembali di modul kurikulum

Kali ini kita akan belajar tentang kurikulum dalam pembelajaran. Pada materi sebelumnya kita sudah belajar bahwa kurikulum dapat berubah dan beradaptasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi satuan pendidikan. Bagaimana dengan implementasi pengembangan kurikulum di satuan pendidikan?
Kurikulum sifatnya dinamis. Kurikulum dapat mengikuti perubahan zaman dan kebutuhan satuan pendidikan.
Dalam kurikulum operasional satuan pendidikan kita dapat menyelesaikan rencana dan pengorganisasian pembelajaran sesuai dengan keadaan kontekstual satuan pendidikan sehingga pembelajaran murid lebih bermakna.
Komponen operasional satuan pendidikan
1. Visi misi dan tujuan 
2 perencanaan pembelajaran mencakup alur tujuan pembelajaran, assessment, modul ajar, media ajar, juga program prioritas satuan pendidikan. 
3 pengorganisasian pembelajaran, mencakup muatan kurikulum beban belajar, program intrakurikuler ekstrakurikuler dan project penguatan profil belajar Pancasila 
4 sistem pendampingan evaluasi, dan pengembangan profesional

Mari kita coba lihat dan evaluasi kembali karakteristik satuan pendidikan kita. agar kita dapat menganalisis konteks sekolah melihat kebutuhan zaman dan perubahan yang terjadi. Dengan demikian kita mengetahui apa yang unik dari sekolah kita titik baik itu dari segi murid, sosial, budaya dan guru dan tenaga kependidikan lainnya ini adalah modal dasar evaluasi fisik misi dan tujuan.

Prinsip pengembangan kosp 
1 berpusat pada murid 
2 kontekstual 
3 esensial 
4 akuntabel 
5 melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Sekolah mempunyai kewenangan untuk mengembangkan kurikulum yang telah ditentukan oleh pemerintah sesuai dengan konteks sekolah.
Pemerintah sudah menyiapkan contoh kurikulum operasional tetapi bukan berarti kita tidak bisa mengembangkannya. 
Silakan ibu dan bapak kembangkan sesuai dengan konteks satuan pendidikan masing-masing. Dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan sangat dinamis mengikuti perubahan dan kebutuhan. Dokumen ini dapat diperbarui secara berkesinambungan menjadi referensi dalam keseharian direfleksikan dan terus dikembangkan.

Bagaimana ibu dan bapak guru? Sudah siap menyusun dan mengembangkan kurikulum dalam pembelajaran? Selamat belajar ibu dan bapak guru hebat
Salam dan bahagia

Dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan merupakan dokumen yang dinamis mengikuti perubahan dan kebutuhan satuan pendidikan


Posting Komentar untuk "Topik 2 Modul 1 Kurikulum Materi 2 Kurikulum dalam Pembelajaran "