Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPT Aksi Nyata Topik 1 Pemahaman Merdeka Belajar dan Strategi Penerapan Merdeka Belajar

Melengkapi Dokumen Aksi Nyata 

Topik 1 Merdeka Belajar

PPT Aksi Nyata Topik 1


Sahabat beranibelajar.my.id, berikut langkah-langkah dalam melengkapi dokumen aksi nyata Topik 1 Merdeka Belajar pada Platform Merdeka Mengajar.

Pastikan Bapak Ibu sebelum melanjutkan pengisian aksi nyata sudah melengkapi dokumen yang akan diunggah. Ada 2 pilihan dalam aksi nyata merdeka belajar

1. Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar

Petunjuk Aksi Nyata:

Pastikan Anda memahami tujuan pembelajaran topik Merdeka Belajar.

Komunikasikan pemahaman tentang topik Merdeka Belajar kepada audiens sasaran (murid/teman sejawat/orang tua/komunitas/lainnya) yang menurut Anda perlu memahami konsep ini.

Pemahaman boleh disampaikan melalui media (presentasi/video/poster/booklet/lagu/puisi/dll) untuk audiens sasaran. Bisa luring (forum diskusi guru seperti KKG sekolah, MGMP, dll) maupun daring melalui media sosial.

Buatlah form umpan balik untuk disebarkan pada audiens, dan lampirkan dokumentasikan bukti formulirnya (jumlah umpan balik minimal 5)

Minta audiens Anda melanjutkan kalimat ini;

Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir ..., ternyata ...

Langkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah ...

Tuliskan refleksi prosesnya: hal apa yang Anda pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar, bagian mana yang mengubah Anda, dan apa langkah konkrit Anda selanjutnya

Unggah bukti dokumentasi kegiatan, hasil pengisian form feedback (dari poin 4), dan rangkuman refleksi Anda (dari poin 5)

Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.

Jadi Bapak Ibu bias melaksanakan aksi nyata secara kolaborasi dengan catatan Bapak Ibu menuliskan refleksinya masing-masing.

Video aksi nyata topik 1 :


Sebelum download file, pastikan Ibu dan Bapak sudah subscribe, like, coment channel beranibelajar
Terima kasih

Berikut contoh file aksi nyata yang bisa Ibu Bapak sesuaikan:

File format pdf : Download

File format ppt : Download

Link Canva contoh 1 :  Buka ( Silakan salin proyek dulu sebelum mengedit/ Edit proyek yang sudah disalin)

Link Canva contoh 2  :  Buka  ( Silakan salin proyek dulu sebelum mengedit/ Edit proyek yang sudah disalin)

Link Canva contoh 3 (Poster) :  Buka ( Silakan salin proyek dulu sebelum mengedit/ Edit proyek yang sudah disalin)

Untuk Mendapatkan Link Proyek Canva bisa menghubungi Admin (085227949765) 

Berikut sertifikat yang admin dapatkan :


Cara salin projek Aksi Nyata di Canva : Buka

Gabung kelas canva for education : GABUNG KELAS CANVA

Panduan Download FileBuka

Simak juga : PPT dan Proyek Canva AKSI NYATA TOPIK 2 Penyebaran Pemahaman Mengapa Kurikulum perlu Berubah

Pilihan ke-dua

2. Membuat Strategi Penerapan Merdeka Belajar

Petunjuk Aksi Nyata:

Pastikan Anda memahami tujuan pembelajaran topik Merdeka Belajar.

Buatlah strategi penerapan Merdeka Belajar sesuai dengan pemahaman Anda

Koneksikan/hubungkan konsep Merdeka Belajar yang Anda pahami dengan konsep, materi dan pengalaman lain Anda selama ini.

Komunikasikan strategi Anda dalam bentuk visual (bisa berupa cerita bergambar/video/audio/infografis/karikatur/bentuk lain) yang menurut Anda menarik dan menjelaskan

Buatlah form untuk mendapat umpan balik dari rekan Anda, dan lampirkan dokumentasikan bukti formulirnya (jumlah umpan balik minimal 5)

Minta audiens Anda menjawab pertanyaan ini:

Bagaimana strategi yang disampaikan sesuai dengan tujuan merdeka belajar?

Bagaimana strategi bisa diterapkan?

Bagaimana kesesuaian strategi dengan target audiens?

Tuliskan refleksi prosesnya: hal apa yang Anda pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar, bagian mana yang mengubah Anda, dan apa langkah konkrit Anda selanjutnya

Unggah bukti dokumentasi kegiatan, hasil pengisian form feedback (dari poin 5), dan rangkuman refleksi Anda (dari poin 6)

Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.

Contoh :

Saya membuat strategi penerapan Merdeka Belajar setelah saya sadar bahwa selama ini saya melakukan beberapa tindakan yang kurang tepat. Selain itu Strategi ini saya dapatkan dari sumber Digital seperti: Mesin Pencari (Google), Youtube, Rumah Belajar, Platform Merdeka Belajar, Telegram, dll

Materi/konsep/pengalaman lain yang ingin saya hubungkan/koneksikan dengan konsep Merdeka Belajar yaitu konsep yang masih mendarah daging dalam tatanan dunia pendidikan semenjak dulu tentang Teacher Center dimana guru sebagai sumber pembelajaran. Padahal konsep ini harus di kolaborasikan dengan konsep-konsep baru yang sesuai dengan zaman dan tempat tinggal peserta didik. Untuk itu diperlukan adanya strategi baru yang sesuai dengan asas Merdeka Belajar.

Aktor yang terlibat dalam penerapan strategi adalah saya sendiri, rekan kerja saya, dan peserta didik saya.

Rencana penerapan strategi yaitu 

-Memanfaatkan teknologi pada lingkungan belajar seperti penggunaan smartphone untuk Quizizz, Mengikuti Olimpiade secara Daring, Mengisi Kuesioner dengan Google Formulir 

-Selanjutnya kolaboratif dan kreatif saat belajar dengan menjadi mediator dengan tiga peran yaitu fasilitator, model dan pelatih. Dalam melakukan ketiga peran diperlukan kreatifitas yang bisa menumbuh kembangkan bakat dan potensi peserta didik kita.

-Yang terakhir sistem belajar berbasis Pengalaman melalui langkah-langkah seperti ; merumuskan secara saksama suatu rencana pengalaman belajar yang bersifat terbuka (open minded), memberikan rangsangan dan motivasi pengenalan terhadap pengalaman, membentuk kelompok untuk memecahkan masalah

Kendala yang mungkin dihadapi di sekolah seperti Akses Jaringan yang masih tidak stabil, atau lat-alat teknologi yang masih minim (terutama di sekolah dengan daerah 3T).

Dampak/hasil yang saya harapkan adalah suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan bahagia, tercipta lingkungan sekolah yang bebas dari berbagai hambatan dan tekanan psikologis, membawa perubahan untuk murid maupun guru. 

Apa yang saya pelajari dari kegiatan ini adalah Diperlukan kesabaran, waktu, dan fasilitas untuk membuat anak mengenali bakat yang dimilikinya. Ketika mereka sudah kenal dengan potensi yang dimiliki, maka mereka akan mengembangkannya dan berlatih untuk mengasah kemampuannya.

Perasaan saat melakukan aksi nyata adalah bebas untuk berinovasi dan didukung untuk mengenalkan metode pembelajaran sendiri yang lebih baik guna menciptakan kelas yang lebih hidup.

Hal baru yang saya pelajari saat melakukan aksi nyata adalah bisa menuangkan ide-ide kreatif dan inovatifnya dalam pembelajaran. Siswa pun bisa belajar dengan senang dan merdeka.

Sumber pilihan kedua :  MANJA MULYANI SIREGAR



9 komentar untuk "PPT Aksi Nyata Topik 1 Pemahaman Merdeka Belajar dan Strategi Penerapan Merdeka Belajar"

  1. Terimakasih pak, sangat membantu sekali ijin menyimak dan menyalin sebagian materi sebagai bahan referensi. hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan disain dan disesuaikan,
      Bantu share nggih

      Hapus
  2. makasih pak sangat membantu sekali bagi saya yang pemula...

    BalasHapus
  3. makasih pak sangat membantu saya dalam menbuat aksi nyata

    BalasHapus
  4. Terimakasih sangat membantu

    BalasHapus
  5. Sangat bagus dan menginpirasi dalam menuangkan ide-ide dalam pembelajaran

    BalasHapus