Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topik 3 Modul 1 Materi 2 Memahami Capaian Pembelajaran

 Memahami Capaian Pembelajaran

Memahami capaian pembelajaran
Pada kurikulum merdeka kita sudah mempelajari Capaian Pembelajaran yaitu kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik dalam satu fase. Capaian pembelajaran ini ditetapkan oleh pemerintah namun untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari CP perlu diuraiakan menjadi tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkret.

Perencanaan pembelajaran ini merupakan bagian dari kurikulum operasional satuan pendidikan. Proses berpikir dalam merencanakan Pembelajaran dapat digambarkan menjadi 4 tahap yaitu:

1. Memahami CP 

2. Merumuskan tujuan pembelajaran 

3. Menyusun alur tujuan pembelajaran 

4. Merancang pembelajaran 

Pada video ini kita akan mempelajari tahap pertama yaitu memahami CP. Capaian  pembelajaran disusun dalam fase. Satu fase terdiri dari satu hingga tiga tahun. Jadi fase tidak sama dengan kelas. Vase merupakan kompetensi sedangkan kelas menunjukkan kelompok berdasarkan usia. Oleh karena itu dalam merencanakan pembelajaran untuk satu fase pendidik hendaknya melakukan kolaborasi dan komunikasi dengan rekan pendidik yang sama-sama mengajar pada satu fase yang sama.

Sebagai contoh CP pada fase D berlaku untuk kelas 7, 8, dan 9. Saat merancang pembelajaran pendidik kelas 7 hingga kelas 9 perlu duduk bersama untuk menentukan rencana batasan kompetensi di setiap jenjang. Dengan begitu kompetensi pembelajaran yang akan dicapai peserta didik dapat dipelajari secara berkesinambungan. Pendidik juga dapat saling menyatakan informasi terkait karakteristik peserta didik di setiap jenjang atau informasi lain yang dibutuhkan dalam merancang pembelajaran. 

Untuk memahami capaian pembelajaran ada empat langkah yaitu:

1. Memahami rasional 

2. Memahami tujuan mata pelajaran 

3. Mempelajari karakteristik dan 

4. Mempelajari capaian per fase

Tahap pertama memahami rasional 

Rasional menjelaskan alasan pentingnya mempelajari mata pelajaran tersebut serta kaitannya dengan profil pelajar Pancasila. Untuk membantu memahami bagian ini kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut:

  • Mengapa peserta didik perlu belajar mata pelajaran ini? 
  • Apa fokus utama yang ingin dicapai dari mapel ini? 
  • Bagaimana mapel ini berperan dalam mewujudkan profil belajar Pancasila?

Tahap kedua memahami tujuan mata pelajaran 

Tujuan menjelaskan kemampuan atau kompetensi yang dituju setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran tersebut secara keseluruhan untuk membantu memahami bagian ini kita dapat menggunakan pertanyaan seperti berikut:

  • Kompetensi apa saja yang perlu dimiliki peserta didik untuk sampai di Capaian Pembelajaran akhir fase?

Ketiga mempelajari karakteristik

Bagian karakteristik menjelaskan apa yang dipelajari dalam mata pelajaran tersebut serta elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran untuk membantu memahami bagian ini kita dapat menggunakan pertanyaan seperti berikut:

  • Apa karakter serta elemen dari mata pelajaran ini?

Keempat Capaian per fase

Bagian ini berisi kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase untuk membantu memahami apa yang dimaksud peserta didik kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut:

  • Apa yang akan dipelajari di fase ini?
  • Kata-kata kunci apa yang penting dalam CP?

 Untuk belajar memahami capaian pembelajaran pendidik juga bisa membentuk komunitas belajar di satuan pendidikannya, bergabung dengan komunitas belajar yang sudah ada atau belajar dari contoh-contoh CP pada mata pelajaran lain. Karena pada dasarnya CP disusun dengan prinsip yang sama,

Ibu dan bapak guru memahami CP adalah langkah pertama yang sangat penting karena tentunya kita sebagai pendidik perlu memahami apa yang akan kita ajarkan. Dengan berkolaborasi untuk memahami CP maka ibu bapak akan lebih siap dalam melaksanakan langkah selanjutnya yaitu menetapkan tujuan pembelajaran, penyusun alur tujuan pembelajaran, dan mengembangkan modul ajar.

Pemahaman kita terhadap apa yang harus dicapai menentukan cara kita untuk mencapainya.


Contoh 1 memahami capaian pembelajaran final

Setelah mempelajari cara memahami naskah capaian pembelajaran, sekarang mari kita coba praktekkan pada salah satu mata pelajaran. Pada video ini, kita akan praktek memahami cerpen pembelajaran dengan contoh mata pelajaran IPAS di fase B.

Capaian Pembelajaran IPAS di fase B

Perlu diingat bahwa, contoh ini juga bisa juga diterapkan pada mata pelajaran lain karena prinsip dan proses berpikir yang digunakan tetap sama.

1. Memahami rasional

Dimulai dari memahami: "Mengapa peserta didik perlu mempelajari mapel ini?"

Rasional mata pelajaran terdiri atas definisi mapel

Ilmu pengetahuan alam dan sosial atau IPAS ada ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya, dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. 

Fungsi dan ruang lingkup

Pengetahuan ini melingkupi pengetahuan alam dan pengetahuan sosial. Pendidikan IPAS memiliki peran dalam mewujudkan profil belajar Pancasila sebagai gambaran ideal profil peserta didik Indonesia. IPAS membantu peserta didik menumbuhkan keinginan tahunnya terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya.

Dari teks ini dapat dia tarik kesimpulan bahwa mapel IPAS menjadi penting untuk dipelajari, karena ruang lingkup materi yang dibahas dalam mapel IPAS merupakan topik yang memiliki keterkaitan dengan keseharian hidup kita baik sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial.

Selanjutnya memahami "Apa fokus utama yang ingin dicapai dari mata pelajaran ini?"

"Fokus utama yang ingin dicapai dari pembelajaran IPAS di SD/MI/Program paket A bukanlah pada seberapa banyak konten materi yang dapat diserap oleh peserta didik, akan tetapi dari seberapa besar kompetensi peserta didik dalam memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki."

Dalam paragraf ini terlihat bahwa fokus utama pembacaan IPAS adalah tentang bagaimana peserta didik mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki untuk bisa menumbuhkan rasa yang tahu terhadap fenomena yang terjadi di sekitar.

Artinya kompetensi yang diharapkan bukan sebatas pengetahuan saja.

Pertanyaan selanjutnya adalah "Bagaimana mata pelajaran ini dapat berperan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila?"

"Pendidikan IPAS memiliki peran dalam mewujudkan profil belajar Pancasila sebagai gambaran ideal profil peserta didik Indonesia. IPAS membantu peserta didik menumbuhkan keingintahuannya terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya. Keinginantahuan ini dapat memicu peserta didik untuk memahami bagaimana alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan manusia di muka bumi."

Dengan berbagai topik yang dibahas dalam mata pelajaran IPS diharapkan akan dapat menumbuhkan rasa ingin tahu para peserta didik terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya. 

Keingintahuan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan sikap akhlak mulia terhadap dirinya terhadap alam, juga mengasah daya nalar peserta didik untuk menjadi lebih kritis, kreatif dan juga mandiri.

Dan ini merupakan salah satu wujud profil pelajar Pancasila.

Selanjutnya, kita ke tahap kedua yaitu memahami tujuan mata pelajaran.

2. Memahami Tujuan

"Kompetensi apa saja yang perlu dimiliki peserta didik untuk sampai di capaian pembelajaran akhir fase?"

Ibu bapak bisa coba cari kata kerja operasional dalam kalimat-kalimat ini.

Tujuan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial

Dengan mempelajari ipas peserta didik mengembangkan dirinya sehingga sesuai dengan profil belajar Pancasila dan dapat:

1. Mengembangkan ketertarikan serta rasa ingin tahu sehingga peserta didik terpicu untuk mengkaji fenomena yang ada di sekitar manusia, memahami alam semesta dan kaitannya dengan kehidupan manusia.

2. Berperan aktif dalam memelihara, menjaga, melestarikan lingkungan alam mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan bijak.

3. Mengembangkan keterampilan inkuiri untuk mengidentifikasi, merumuskan hingga menyelesaikan masalah melalui aksi nyata.

4. Mengerti siapa dirinya, memahami bagaimana lingkungan sosial dia berada memaknai bagaimanakah kehidupan manusia dan masyarakat berubah dari waktu ke waktu.

5. Memahami persyaratan yang diperlukan peserta didik untuk menjadi anggota suatu kelompok masyarakat dan bangsa serta memahami arti menjadi anggota masyarakat bangsa dan dunia, sehingga dia dapat berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan dirinya dan lingkungan di sekitarnya.

6. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep di dalam IPS serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi bapak ibu guru untuk mengetahui kompetensi apa saja yang ingin dicapai seperti berperan aktif, mengembangkan keterampilan inquiry, dan sebagainya.

Tahap ketiga adalah mempelajari karakteristik mata pelajaran

3. Mempelajari karakteristik mata pelajaran

"Apa sajakah karakter dan elemen yang terdapat dalam mata pelajaran?"

Pertama, pembelajaran IPAS memiliki karakter yang dinamis dan senantiasa berkembang berdasarkan penelitian terbaru. Artinya pendidik juga perlu terus memperbarui wawasan dan keilmuannya. Kemudian, ada dua elemen utama dalam pembelajaran IPAS yakni pemahaman IPAS dan keterampilan proses. Elemen pemahaman IPAS memuat penjelasan mengenai peran pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dalam penyelesaian masalah di kehidupan sehari-hari.

Pemahaman IPAS "Dengan menguasai ilmu pengetahuan kita dapat melakukan banyak hal untuk menyelesaikan permasalahan atau menghadapi tantangan yang ada."

Sedangkan pada elemen keterampilan proses, kita dapat mempelajari mengenai peran keterampilan inquiry dalam pendidikan sains.

Elemen keterampilan proses menjadi kompetensi yang perlu dimiliki oleh murid untuk menunjang pemahaman sains.

Artinya, pendidik bisa menggunakan 6 keterampilan ini sebagai siklus pembelajaran untuk mencapai elemen pemahaman IPS. Jadi, setiap mempelajari ruang lingkup materi apapun, peserta didik selalu melalui proses sebagai berikut:

  • Mengamati 
  • Mempertanyakan dan memprediksi 
  • Merencanakan dan melakukan penyelidikan 
  • Memproses dan menganalisis informasi 
  • Mengevaluasi dan refleksi dan diakhiri dengan 
  • Mengomunikasikan hasil 

Hal inilah yang menjadi karakteristik mata pelajaran IPS dan semua kelompok mata pelajaran IPA dan IPS.

Namun, pendekatan inkuiri seperti keterampilan proses ini bisa juga diterapkan dalam perencanaan pembelajaran lainnya. 

Tahap terakhir adalah mempelajari capaian per fase 

4. Memepelajari Capaian per Fase

Dalam bagian ini kita bisa mencari tahu mengenai:

 "Apa yang akan dipelajari di fase ini?"

"Kata-kata kunci apa yang penting dalam CP?"

Ibu bapak bisa mempelajari fase yang di mana Ibu Bapak mengajar dan menandai kata-kata kunci yang memuat kompetensi dan ruang lingkup yang akan dipelajari.

Fase B 

"Pada fase B peserta didik mengidentifikasi keterkaitan antara pengetahuan-pengetahuan yang baru saja diperoleh serta mencari tahu bagaimana konsep-konsep ilmu pengetahuan alam dan sosial berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari ditunjukkan dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari."

Misal, dalam kalimat ini disebutkan peserta didik akan mempelajari keterkaitan antara pengetahuan IPS dengan konsep-konsep yang ada di lingkungan sekitar. Artinya pembelajaran mengenai konsep IPA dan IPS harus bersifat kontekstual dikaitkan dengan keseharian murid.

Kemudian murid perlu menunjukkan pemahamannya dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Element: pemahaman IPAS (sains dan sosial)

Kecapaian pembelajaran: (peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra). Peserta didik dapat ....

Pada tabel elemen, kita bisa melihat lebih rinci kompetensi dan ruang lingkup yang akan dipelajari di fase tersebut. Jika diperlukan, pendidik bisa mempelajari juga fase sebelum atau setelahnya untuk membantu melihat kesinambungan antar fase. Dengan memahami cpis ini, pendidik bisa mengetahui diantaranya mata pelajaran IPAS tidak berfokus pada banyaknya pengetahuan yang diserap peserta didik tapi bagaimana peserta didik menerapkan pengetahuannya.

Mata pelajaran IPAS menekankan pada keterampilan proses dan inkuiri pada siklus belajarnya. Hal ini sangat mempengaruhi pada perencanaan belajar nantinya. Hal-hal ini tidak akan diketahui oleh pendidik jika ia tidak membaca dan mempelajari cp-nya masing-masing.

Perlu Bapak Ibu ketahui, bahwa proses merumuskan capaian pembelajaran ini juga melibatkan para guru, maka sebagai orang yang terlibat langsung di lapangan, umpan balik dari kita sangat dibutuhkan oleh pemerintah.

Dengan memahami CP, merumuskan TP dan menyusun ATP sampai modul ajar, maka Ibu babak juga kelak dapat memberikan masukan kepada pemerintah terkait CP ini. 

Sekarang, silakan ibu bapak melanjutkan mempelajari CP masing-masing atau menyimak contoh-contoh lain jika diperlukan.

Memahami tujuan, karakteristik, serta ruang lingkup mata pelajaran membuat pendidik membuat perencanaan pembelajaran yang lebih baik.




Posting Komentar untuk "Topik 3 Modul 1 Materi 2 Memahami Capaian Pembelajaran"