Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal 21-30 Olimpiade Matematika SD KSN 2022 Seleksi Tingkat Kecamatan Denpasar Selatan

 Soal 21-30 Olimpiade Matematika SD KSN 2022 Seleksi Tingkat Kecamatan Denpasar Selatan 

21. Terdapat 4 buku Matematika berbeda penulis, 3 buku Biologi berbeda penulis, dan 2 buku Fisika berbeda penulis. Kesembilan buku tersebut akan ditata dalam rak buku dengan ketentuan buku yang sejenis harus berdampingan. Berapa macam posisikah yang mungkin dalam menyusun buku tersebut dalam rak adalah . . . macam.

22. Pak Agung mengajak ketiga anaknya menonton pertandingan sepakbola di stadion. Ia membeli tiket dengan tempat duduk berurutan T1, T2, T3 dan T4. Banyaknya susunan duduk yang  dapat dipilih jika Pak Agung dan anak bungsunya ingin selalu duduk bersebelahan adalah … cara.

23. A circle has 4 distinct points. By using these four points, the number of chord that can be made is …

24. Gunakan bilangan prima yang berbeda dan kurang dari 15 untuk melengkapi persegi ajaib berikut, sehingga setiap kotak di dalam persegi terisi oleh satu bilangan prima serta jumlah bilangan pada setiap baris dan setiap kolom selalu sama

 


Bilangan prima pada A, B, C, D, dan E adalah ….

25. Jika huruf-huruf pada gambar di bawah ini diganti dengan bilangan 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10 dengan tidak menggunakan angka yang dipakai lebih dari sekali, sehingga jumlah bilangan pada titik-titik sudut segitiga (MNO, KLS, PQR) selalu sama, maka nilai M, N, O, K, L, S, P, Q, dan R secara berturut-turut adalah ….

 



II. Kerjakanlah soal-soal berikut dengan benar disertai dengan langkah-langkah penyelesaiannya!

1. Seoarang pedagang menjual beras jenis A seharga Rp14.000,00 per kg dan beras jenis B seharga Rp20.000,00 per kg. Jika 100 kg beras jenis A dicampur dengan 80 kg beras jenis B dijual dengan harga Rp18.000,00 per kg dan terjual habis, berapakah keuntungan yang diperoleh pedagang tersebut?


2. Hasil tes matematika kelas 5 telah diumumkan. Nilai rata-rata kelas 5A adalah 7 sedangkan untuk kelas 5B 8. Jika ada 27 siswa di kelas 5A dan 23 di kelas 5B. Berapa nilai rata-rata untuk kedua kelas itu?

3. Perhatikan gambar di bawah ini!

 


Gambar tersebut menunjukkan tigaperempat lingkaran yang berada di dalam seperempat lingkaran. Berapakah perbandingan luas daerah yang diarsir dengan seperempat lingkaran ?

4. Inside a 60 cm x 20 cm rectangle, there are six squares. What is the area of the shaded region? (Ï€ = 3,14)

 



5. Letakkan bilangan-bilangan asli pada kotak-kotak kosong berikut ini sehingga jumlah  pada tiap baris, kolom dan diagonal adalah 40 dengan catatan tidak boleh menggunakan bilangan yang sama!



Posting Komentar untuk "Soal 21-30 Olimpiade Matematika SD KSN 2022 Seleksi Tingkat Kecamatan Denpasar Selatan "