Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3.2.a.3. Mulai dari Diri - Modul 3.2

 Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.

Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Ekosistem dalam suatu sekolah terdiri atas sumber daya yang ada di lingkungan sekolah tersebut seperti Komite, kepala sekolah, anak didik, wali siswa dan warga sekitar.

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam hal ini, jika kita membayangkan sekolah atau tempat saya bertugas jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem yaitu terdapat komponen biotik dan abiotik dalam sekolah. komponen biotik terdiri dari Kepala sekolah, guru, staf karyawan, murid, dsb. sedangkan komponen abiotik isi misi sekolah, kurikulum, faktor keuangan, saran prasarana, humas, kepegawaian, lokasi strategis sekolah, dll. Kedua lingkungan tersebut saling bersinergi satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya positif.

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam hal ini, jika kita membayangkan sekolah atau tempat saya bertugas jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem yaitu terdapat komponen biotik dan abiotik dalam sekolah. komponen biotik terdiri dari Kepala sekolah, guru, staf karyawan, murid, dsb. sedangkan komponen abiotik isi misi sekolah, kurikulum, faktor keuangan, saran prasarana, humas, kepegawaian, lokasi strategis sekolah, dll. Kedua lingkungan tersebut saling bersinergi satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya positif.

 

Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?

Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

 

sumber daya yang dapat dimanfaatkan sekolah seperti pendidik, peserta didik, kepsek, dan sumber belajar lainya.

Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah yaitu Sumber Daya Manusia seperti kepemimpinan kepala sekolah, sistem manajemen sekolah, kompetensi guru di sekolah, kurikulum, fasilitas sekolah, jaringan kemitraan sekolah, pemanfaatan teknologi, serta sumber daya alam dan lingkungan sekitar.

Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah yaitu Sumber Daya Manusia seperti kepemimpinan kepala sekolah, sistem manajemen sekolah, kompetensi guru di sekolah, kurikulum, fasilitas sekolah, jaringan kemitraan sekolah, pemanfaatan teknologi, serta sumber daya alam dan lingkungan sekitar.

 

Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.

Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

 

yang saya ingat sosok pemimpin di tempat saya adalah sosok yang bijak dan demokratis

Kepemimpinan Kepala sekolah memegang peranan penting dalam menciptakan ekosistem sekolah yang sehat dan produktif yang mengoptimalkan semua sumber daya yang ada. Saya mencoba merefleksikan sosok pemimpin kepala sekolah di tempat saya, beliau merupakan pribadi yang sangat disiplin dan taat terhadap aturan. setiap keputusan yang diambil berlandaskan pada aturan yang berlaku. Kebijakan-kebijakan yang digunakan sangat prosedural sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang pernah dialami. Mampu menjalin kemitraan yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar sekolah untuk bersama-sama mewujudkan tujuan pendidikan .

Kepemimpinan Kepala sekolah memegang peranan penting dalam menciptakan ekosistem sekolah yang sehat dan produktif yang mengoptimalkan semua sumber daya yang ada. Saya mencoba merefleksikan sosok pemimpin kepala sekolah di tempat saya, beliau merupakan pribadi yang sangat disiplin dan taat terhadap aturan. setiap keputusan yang diambil berlandaskan pada aturan yang berlaku. Kebijakan-kebijakan yang digunakan sangat prosedural sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang pernah dialami. Mampu menjalin kemitraan yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar sekolah untuk bersama-sama mewujudkan tujuan pendidikan .

 

Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumber daya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

peran pemimpin adalah membawa perubahan positif dengan memanfaatkan sumber daya yang ada

Pemimpin sekolah yang ideal adalah seorang pemimpin yang mampu mengayomi seluruh warga sekolah, selalu bermusyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan sekolah, mengapresiasi prestasi kinerja warga sekolah dengan baik, memberikan contoh teladan yang baik dalam bersikap, bertutur kata, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif aman dan nyaman untuk Guru dan semua warga sekolah. Dalam memecahkan masalah harus bisa berlaku adil dan netral. Selalu bersikap terbuka terhadap semua guru di sekolah dengan melakukan musyawarah dalam setiap pengambilan kebijakan di sekolah.

Pemimpin sekolah yang ideal adalah seorang pemimpin yang mampu mengayomi seluruh warga sekolah, selalu bermusyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan sekolah, mengapresiasi prestasi kinerja warga sekolah dengan baik, memberikan contoh teladan yang baik dalam bersikap, bertutur kata, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif aman dan nyaman untuk Guru dan semua warga sekolah. Dalam memecahkan masalah harus bisa berlaku adil dan netral. Selalu bersikap terbuka terhadap semua guru di sekolah dengan melakukan musyawarah dalam setiap pengambilan kebijakan di sekolah

 

Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.

Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

peran saya dalam ekosistem sekolah saat ini adalah sebagai pendidik yang berusaha untuk memfasilitasi anak didik agar bisa berkembang dengan baik.

saat ini saya mempunyai peran sebagai guru kelas, di mana saya mempunyai tanggung jawab untuk mendampingi dan juga mengarahkan siswa-siswi saya selama 3 tahun ke depan, sesuai dengan arahan dari bapak kepala sekolah, untuk memaksimalkan pelayanan kami, maka di sini saya juga mengadakan home visit, untuk mengetahui kondisi keadaan orang tua siswa, baik secara ekonomi maupun secara keseharian siswa kami. dalam kapasitas sebagai guru kelas, kami juga berperan aktif untuk menyampaikan program-program unggulan bapak  kepala sekolah, di mana selain untuk menyampaikan progres perkembangan sekolah, sebagai juga sarana dan prasarana kami untuk mempromosikan  sekolah. 

Guru yang mampu memberikan pengaruh serta menciptakan hubungan harmonis dan selaras dengan kepala sekolah, pengawas, teman sejawat, murid, dan tenaga kependidikan serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Kekuatan yang saya miliki berpikir ke depan untuk mampu mengelola dan memaksimalkan aset positif untuk kemajuan belajar. Senantiasa mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid dengan memanfaatkan segala lingkungan biotik dan abiotik yang terdapat pada ekosistem sekolah

 

Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

  • Diri sendiri
  • Murid
  • Sekolah

diri sendiri: berusaha menjadi pendidik yang bertanggung jawab

murid: agar dapat belajar dan bermain yang bermakna untuk bekal pendidikan selanjutnya

sekolah: bisa berkembang menjadi lebih baik

Diri sendiri: mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sekolah, mampu membuat strategi pengelolaan sumber daya, mampu memetakan sumber daya yang terdapat di sekolah, dan mampu menganalisis sejauh mana potensi kekuatan yang dimiliki sekolah serta tidak mudah mengeluh terhadap kekurangan yang dimiliki dan menjadikan kekurangan sebagai sumber ketercapaian tujuan dan atau visi misi sekolah.

Murid: Adanya perubahan yang signifikan dalam pengelolaan sumber daya sekolah sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan secara utuh dan maksimal oleh murid.

Sekolah: mampu mengelola sumber daya secara efektif dan maksimal secara berkelanjutan dengan melakukan review program sekolah serta evaluasi dan membuat rancangan tindak lanjut dan melaksanakannya.

Harapan bagi,

A. diri sendiri: mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sekolah, mampu membuat strategi pengelolaan sumber daya, mampu memetakan sumber daya yang terdapat di sekolah, dan mampu menganalisis sejauh mana potensi kekuatan yang dimiliki sekolah serta tidak mudah mengeluh terhadap kekurangan yang dimiliki dan menjadikan kekurangan sebagai sumber ketercapaian tujuan dan atau visi misi sekolah.

B. Murid: Adanya perubahan yang signifikan dalam pengelolaan sumber daya sekolah sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan secara utuh dan maksimal oleh murid.

C. Sekolah: mampu mengelola sumber daya secara efektif dan maksimal secara berkelanjutan dengan melakukan review program sekolah serta evaluasi dan membuat rancangan tindak lanjut dan melaksanakannya.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

 

Dengan banyaknya  sumber daya yang dimiliki sekolah, tentu  banyak harapan yang ingin kami  capai setelah mempelajari modul ini. antara lain : kami berusaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sebagai suatu kekuatan dan aset. kami dapat merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti. kami dapat memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid. dan kami dapat menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar

Kegiatan:

Diskusi: Membahas tentang peran dan tanggung jawab masing-masing unsur dalam ekosistem sekolah.

Simulasi: Melakukan simulasi untuk mengelola sumber daya sekolah secara efektif.

Proyek: Mengerjakan proyek bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Materi:

Konsep ekosistem sekolah: Memahami apa itu ekosistem sekolah dan bagaimana saling terkait.

Peran dan tanggung jawab: Memahami peran dan tanggung jawab masing-masing unsur dalam ekosistem sekolah.

Manfaat:

Meningkatkan pemahaman tentang ekosistem sekolah: Peserta modul akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu ekosistem sekolah dan bagaimana semua saling terkait.

Yang saya harapkan materi mudah untuk dimengerti dan dipelajari. Materi kepemimpinan yang mudah untuk di terapkan di kelas dan di sekolah. saya berharap dalam modul ini adanya bukti praktik baik bagaimana cara mengelola sumber daya yang ada di sekolah secara efektif, strategi pengelolaan sumber daya, cara membuat pemetaan sumber daya, dan cara menganalisis potensi kekuatan sumber daya yang ada di sekolah. Manfaat yang diharapkan pada modul ini yakni saya mampu mengaplikasikan materi yang akan saya pelajari terkait pengelolaan sumber daya yang dimiliki sekolah.

 

Posting Komentar untuk "3.2.a.3. Mulai dari Diri - Modul 3.2"