3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
3.2.a.6.
Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
SUPRIYANTO,
S.Pd.SD
CGP Angkatan 9 Kab. Kebumen
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
- CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid. Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.
Link Video : https://youtu.be/YMflitCt1yI
Pertanyaan
- pertanyaan untuk membantu menganalisis video dalam tugas demonstrasi
kontekstual modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.
1. Kira-kira
apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
2. Apakah
prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
3. Apakah
Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video
tersebut?
4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru
dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan B-A-G-J-A.
5. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam
tayangan video?
6. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh
pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? Lalu bagaimana pemanfaatannya?
Jawaban
tugas demonstrasi kontekstual modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber
Daya.
1. Visi sekolah tempat guru dalam
video adalah “Terwujudnya peserta didik yang berakhlak, kreatif, dan
kolaboratif”.
2. Prakarsa perubahan yang
akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video adalah "Mewujudkan Kelas
yang Nyaman dan Menyenangkan untuk Belajar".
3. Pertanyaan Utama dari
kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video adalah Bagaimana cara
mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?
4. Kegiatan atau tindakan guru yang menggambarkan
tahapan B-A-G-J-A.
a. Buat
Pertanyaan (B)
1) Pertanyaan: Bagaimana cara mewujudkan kelas
yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar bagi siswa?
2) Tindakan:
a) Guru berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk
melakukan prakarsa perubahan.
b) Guru membuat rencana dalam pembelajaran untuk
membuat prakarsa perubahan.
c) Guru memulai pembelajaran dengan menuliskan
"penyemangat pembelajaran" untuk memancing daya tarik siswa.
b. Ambil
Pelajaran (A)
1) Pertanyaan: Apa saja yang bisa menjadi
inspirasi untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?
2) Tindakan:
a) Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali
informasi dari pendapat dan pengalaman murid.
b) Murid diajak untuk mengambil pelajaran dari
kelas lain untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat belajar.
c) Siswa diinstruksikan mencatat hal yang diamati
untuk didiskusikan.
d) Siswa berdiskusi terkait hasil mengamati kelas
lain.
c. Gali
Mimpi (G)
1) Pertanyaan: Apa saja kegiatan yang dapat
membuat siswa memiliki gambaran nyata dalam mewujudkan kelas impian (nyaman dan
menyenangkan)?
2) Tindakan:
a) Murid disuruh membayangkan kelas impian mereka.
b) Guru menyiapkan alat dan media gambar.
c) Murid menggambarkan kelas yang nyaman sesuai
dengan yang mereka bayangkan.
d) Murid mempresentasikan hasil gambaran mereka
terkait kelas impian.
d. Jabarkan
Rencana (J)
1) Pertanyaan: Bagaimana melibatkan murid untuk
bersama mewujudkan kelas impian?
2) Tindakan:
a) Murid diajak berkontribusi menentukan kebutuhan
untuk mewujudkan kelas impian.
b) Guru dan siswa berdiskusi untuk
menentukan alat dan bahan untuk membuat kelas impian.
c) Siswa diberi kesempatan berpendapat dalam
membuat rencana kelas impian.
d) Guru menuliskan hasil pendapat siswa di papan
tulis.
e. Atur
Eksekusi (A)
1) Pertanyaan:
a) Kapan dan siapa yang terlibat dalam pelaksanaan
mewujudkan kelas impian?
b) Bagaimana pelaksanaan membuat kelas impian?
2) Tindakan:
a) Murid diberi kesempatan berkontribusi untuk
menentukan pembagian tugas kelompok dalam mewujudkan kelas impian.
b) Murid diberi kesempatan untuk menentukan
tanggal pelaksanaan
c) Guru dan murid berkolaborasi mewujudkan kelas
impian yang disepakati.
d) Guru dan murid melakukan perayaan setelah
kegiatan selesai.
5. Peran pemimpin yang tergambar dalam video:
a. Guru sebagai pemimpin pembelajaran yang
mengelola sumber daya yang ada dengan pendekatan berbasis aset/kekuatan.
b. Guru sebagai pemimpin pembelajaran yang mampu
menggerakkan murid untuk berkolaborasi.
c. Guru sebagai pemimpin pembelajaran yang mampu
mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada siswa.
6. Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin
pembelajaran dalam tayangan video dan pemanfataannya.
a. Modal manusia
1) Guru
Menjadi pemimpin pembelajaran yang mewujudkan
pembelajaran yang berpihak kepada murid.
2) Rekan sejawat
Menjadi pihak yang bisa diajak bertukar
pendapat atau berkolaborasi dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada
murid.
3) Murid
Memiliki potensi berupa ide, kemampuan,
kemauan berkolaborasi, dan keinginan untuk mewujudkan kelas impian.
b. Modal Sosial
1) Adanya hubungan yang baik antara guru dan rekan
sejawat.
2) Adanya hubungan yang baik antara guru dan
murid.
3) Adanya sikap peduli dan gotong royong.
4) Adanya hubungan sosial yang baik antar kelas
(saat mengunjungi kelas lain).
c. Modal Fisik
1) Ruang Kelas
Ruang kelas yang cukup luas untuk menunjang
ruang gerak siswa dalam belajar.
2) Alat Tulis
Alat tulis sebagai sarana penuangan ide dan
gagasan murid.
3) Meja dan Kursi
Meja dan kursi dapat diatur sesuai keinginan
untuk membuat suasana belajar menjadi nyaman.
4) Rak dan Buku
Rak dan buku di kelas bisa menunjang proses
pembelajaran.
d. Modal Lingkungan/alam
Pemanfaatan
benda-benda di sekitar lingkungan siswa untuk menghias kelas.
e. Modal Finansial
1) Dana BOS
Adanya dana BOS dapat digunakan untuk
menunjang proses pembelajaran siswa.
2) Kas Kelas
Kas kelas dapat digunakan untuk pembiayaan
dalam mewujudkan kelas impian.
f. Modal Politik
Kepala sekolah yang mendukung setiap prakarsa
perubahan menuju pembelajaran/pendidikan yang lebih baik.
g. Modal Agama dan Budaya
1) Akhlak siswa yang baik
Akhlak siswa yang baik adalah aset penting
untuk mendukung proses pembelajaran.
2) Budaya Gotong Royong
Budaya gotong royong akan memperlancar adanya
kolaborasi dalam pembelajaran.
Posting Komentar untuk "3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2"